RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP N 5 Sleman
Mata
Pelajaran : Prakarya (Kerajinan)
Kelas/Semester
: IX/Gasal
Materi
Pokok : Kerajinan Bahan
Keras
Alokasi
Waktu : 2
x 40
Menit
Kompetensi
Dasar : 3.1
Pertemuan : ke 1
A. Tujuan Pembelajaran
•
Setelah mengikuti proses pembelajaran secara online,
peserta didik diharapkan dapat:
•
Menguraikan prinsip kerajinan bahan keras alam
kayu, bambu, dan rotan.
•
Menguraikan
jenis, sifat,
karasteristik bahan keras alam kayu, bambu, dan rotan.
•
Menguraikan teknik
pengolahan kerajinan bahan keras alam kayu, bambu, dan rotan.
B.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (5 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran,
memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran secara online. |
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, agar siswa dapat mengingat dan menghubungkan
dengan materi selanjutnya. |
|
Menyampaikan
motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari materi Kerajinan Bahan Keras |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar
yang akan ditempuh. |
|
Kegiatan Inti ( 70 Menit ) |
|
Kegiatan Literasi |
Pertemuan
ke-1 Peserta
didik diberi motivasi dan panduan/petunjuk untuk melihat/mengamati video, membaca buku paket, sumber belajar yang lain dan menuliskannya kembali.
|
Critical Thinking |
Guru
memberikan kesempatan peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang
belum dipahami peserta didik, dimulai dari pertanyaan
faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Kerajinan
Bahan Keras. |
Collaboration Dan Computing |
Peserta
didik secara mandiri berusaha
mendapatkan/mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber
belajar dan
saling bertukar informasi dengan peserta didik yang lain secara online mengenai prinsip Kerajinan Bahan Keras. |
Communication |
Peserta
didik menjelaskan prinsip kerajinan bahan lunak. dan menguraikan jenis, sifat dan karakteristik kerajinan bahan lunak (teknik
pengolahan bahan lunak (tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung,
plastisin, parafin, gips dan lain-lain) mandiri di rumah dan secara online sesuai petunjuk guru. |
Compassion |
Peserta
didik
diminta
melihat/mengamati gambar/video macam-macam Kerajinan Bahan Keras agar timbul
rasa menghargai terhadap karya orang lain, peduli, percaya diri, berusaha berkarya
yang inovatif, kreatif dan mempunyai nilai guna dan daya jual. |
Kegiatan Penutup (5 Menit) |
|
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru membuat rangkuman/simpulan tentang
point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk yang
akan datang. |
C.
Penilaian Hasil
Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap :
Observasi dalam proses pembelajaran
2.
Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis, penugasan individu.
Sleman, 13 Juli
2020
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
Drs
Bintoro Johan, M.Pd Indah
Prawesthy S, S.Pd
NIP.19641205 199512 1 001
Komentar