FORMAT RPP 1 LEMBAR MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                        : SMP N 5 Sleman

Mata Pelajaran             : Prakarya (Kerajinan)

Kelas/Semester             : IX/Gasal

Materi Pokok                : Kerajinan Bahan Keras

Alokasi Waktu               : 2 x 40 Menit

Kompetensi Dasar         : 3.1

Pertemuan                    : ke 1

 

A.  Tujuan Pembelajaran

          Setelah mengikuti proses pembelajaran secara online, peserta didik diharapkan dapat:

          Menguraikan prinsip kerajinan bahan keras alam kayu, bambu, dan rotan.

          Menguraikan jenis, sifat, karasteristik bahan keras alam kayu, bambu, dan rotan.

          Menguraikan teknik pengolahan kerajinan bahan keras alam kayu, bambu, dan rotan.

 

B.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (5 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran secara online.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, agar siswa dapat mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari materi

Kerajinan Bahan Keras

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

Kegiatan Inti ( 70 Menit )

Kegiatan Literasi

Pertemuan ke-1

Peserta didik diberi motivasi dan panduan/petunjuk untuk melihat/mengamati video, membaca buku paket, sumber belajar yang lain dan menuliskannya kembali.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami peserta didik, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kerajinan Bahan Keras.

Collaboration

Dan Computing

Peserta didik secara mandiri berusaha mendapatkan/mengumpulkan informasi dari berbagai sumber belajar dan saling bertukar informasi dengan peserta didik yang lain secara online mengenai prinsip Kerajinan Bahan Keras.

Communication

Peserta didik menjelaskan prinsip kerajinan bahan lunak. dan menguraikan jenis, sifat dan karakteristik kerajinan bahan lunak (teknik pengolahan bahan lunak (tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain) mandiri di rumah dan secara online sesuai petunjuk guru.

Compassion

Peserta didik diminta melihat/mengamati gambar/video macam-macam Kerajinan Bahan Keras agar timbul rasa menghargai terhadap karya orang lain, peduli, percaya diri, berusaha berkarya yang inovatif, kreatif dan mempunyai nilai guna dan daya jual.

Kegiatan Penutup (5 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran untuk yang akan datang.

C.    Penilaian Hasil Pembelajaran

1.     Penilaian Sikap             : Observasi dalam proses pembelajaran

2.     Penilaian Pengetahuan   : Tes tertulis, penugasan individu.

                                                                                                                

                                                                                                                        Sleman, 13 Juli 2020

         Mengetahui

         Kepala Sekolah                                                                                        Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

        Drs Bintoro Johan, M.Pd                                                                            Indah Prawesthy S, S.Pd

        NIP.19641205 199512 1 001

 

NB:

Berikut adalah contoh RPP 1 Lembar untuk mata pelajaran Prakarya kelas IX. Semoga bermanfaat :) 

Komentar